Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami


Banyak orang menyebut rambut merupakan mahkota penting para wanita, namun kenyataanya tidak hanya wanita saja rambut juga merupakan organ penting bagi pria. Tentu saja tidak ada manusia yang menginginkan mengalami kebotakan. Saya pun walau saya memakai kerudung setiap hari dan rambut tidak terlihat, tetap saja saya selalu menjaga kesehatan rambut agar tidak mengalami masalah seperti rontok.

Penyebab dari kerontokan rambut

Ketika rambut mulai rontok, tentu akan membawa ketakutan tersendiri. Jika rontok terus menerus, tentu akan timbut rasa takut kepala akan menjadi botak, akan menimbulkan rasa tidak percaya diri nantinya. Maka dari itu kita harus selalu memperhatikan kesehatan rambut dan mengetahui apa saja apenyebab rambut menjadi rontok agar bisa mencegahnya.

Ini dia beberapa penyebab umum dari kerontokan rambut

1. Faktor genetik
Rambut rontok bisa disebabkan oleh faktor keturunan, sebagian besar ini terjadi pada kaum pria namun tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada wanita. Untuk yang satu ini benar terjadi pada keluarga dari suami saya dari usia muda sudah mengalami rambut rontok hingga mengalami kebotakan.

2. Faktor hormonal
Untuk faktor hormonal ini biasa banyak terjadi pada wanita, biasana disebabkan oleh kehamilan, persalinan, menyusui, menopause atau bisa juga diakibatkan oleh gangguan tiroid.

3. Stress
Sress berat bisa juga mengakibatkan rambut menjadi rontok, dan biasanya rambut rontok akan terjadi setelah beberapa bulan setelah mengalami stress tidak langsung terjadi saat itu juga.

4. Kurang nutrisi
Makan sembarangan tanpa memperhatikan asupan nutrisi ini berbahaya untuk kesehatan rambut, kurangnya asupan nutrisi seperti protein, zat besi, vitamin D dan vitamin B12 bisa mengakibatkan rambut menjadi rontok.

5. Perawatan rambut yang berlebihan
Mengikuti trend rambut yang sedang viral tidak selalu baik untuk kesehatan rambut, seperti terlalu sering menggunakan hair dryer atau catokan bisa menyebabkan kerusakan rambut hingga mengalami kerontokan. 

Cara alami mengatasi rambut rontok

Jika sudah terlanjur mengalami kerontokan rambut, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa atasi dengan cara yang alami dan mudah. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah.

penyebab rambut rontok


Berikut ini adalah cara alami mengatasi rambut rontok :

1. Minyak Kelapa
Di dalam minyak kelapa terkandung asam lemak yang dapat meresap optimal ke batang rambut, sehingga mampu menjaga kelembapan rambut dan mengurangi rambut kehilangan protein. Cara memakainya oleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut, sambil di pijat-pijat, diamkan beberapa jam atau semalaman sebelum dibilas.

2. Teh Hijau
Teh hijau ini selain rasanya yang nikmat di minum namun juga memiliki banyak manfaat, karena mengandung antioksidan yang dapat merangsang rambut untuk tumbuh. Cara memakainya seduh teh hijau seperti biasa, lalu biarkan teh dingin baru gunakan untuk membilas rambut setelah keramas.

3. Bawang Merah
Bumbu dapur satu ini ternyata juga dapat mengatasi rambut yang rontok, karena mengandung sulfur yang mampu meningkatkan kolagen dan merangsang pertumbuhan rambut. Cara pakainya buat bawang merah jadi jus, kemudian oleskan secara merata di kulit kepala, diamkan selama 15-30 menit, lalu bilas dengan shampoo.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun sudah terkenal mengandung vitamin E, selain itu juga mengandung antioksidan, sehingga dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan menguatkan akar rambut. Cara pakainya seperti memakai masker rambut olesakan secara merata ke kulit kepala, sambil di pijat-pijat. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

5. Lidah Buaya
Lidah buaya mengandung enzim proteolitik yang bermanfaat untuk menyembuhkan kulit kepala yang rusak dan merangsang pertumbuhan rambut. Cara pakainya oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara merata, kemudian diamkan selama kurang lebih satu jam lalu bilas dengan air hangat.


Itulah beberapa bahan alami yang dapat kamu manfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Jika perawatan rambut sudah kamu lakukan namun rambut tetap rontok, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapat solusi terbaik untuk rambutmu.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url